RSS

Kenapa Cewek Sensitiv?????

07 Jul

Napa sih cewek itu sensitif banget?”

 

Mungkin kata-kata ini yang sering terucap dari mulut cowok-cowok. Banyak temen-teman Ai yang cowok selalu mengeluh tentang teman cewek mereka. Adakalanya teman cewek mereka itu menjadi seorang yang menyenangkan tapi adakalanya menjadi sesosok makhluk yang ga bsia dimengerti. Dikit-dikit ngambek, dikit-dikit badmood. Hal sepele aja bisa memicu emosinya. Kenapa sih?

 

akk sebagai cewek, sering juga mengalami hal kayak gini. Kadang-kadang akk orangnya cuek dengan hal-hal yang sebenarnya bikin keki. Tapi terkadang adakalanya emosi akk meledak kayak gunung lagi ngamuk padahal hanya dengan masalah yang sepele. Setiap cewek, akk rasa pasti sering mengalami hal yang akkui alami. Buat para cowok yang kebingungan dengan sikap cewek yang satu ini, sini….akkui kasih bocorannya

 

1. Pengaruh PMS

 

PMS adalah Pra Menstruasi Syndrom yaitu suatu kumpulan gejala (sindrom = kumpulan gejala) yang meliputi gejala fisik, mental, dan perilaku, yang terkait erat dengan siklus menstruasi pada wanita. Ini adalah fase-fase yang sering dialami oleh cewek satu kali sebulan baik tiga hari sebelum lagi ‘dapet’ atau sedang ‘dapet’ atau tiga hari sesudah ‘dapet’.

 

Penyebab terjadinya PMS ini yaitu akibat pengaruh hormon yang tidak stabil di dalam diri perempuan ketika akan Haid. Pada saat itu, kadar hormon progesteron akan meningkat, sebaliknya estrogen mulai menurun. Pergeseran keberadaan hormon dari estrogen menjadi progesteron inilah yang menyebabkan beberapa gejala PMS. para ahli percaya bahwa perubahan kadar progesteron dalam tubuh ini yang menyebabkan perubahan mood, perilaku, dan fisik pada wanita pada fase luteal ini. Progesteron berinteraksi dengan bagian tertentu otak yang terkait dengan relaksasi. Contohnya, setiap orang ada hormon tertentu di sistem saraf pusat yang disebut “endorfin”. Endorfin ini hormon yang menyebabkan perasaan senang, happy mood, dan sekaligus juga membuat orang kurang sensitif terhadap nyeri (obat seperti heroin dan morfin beraksi seperti endorfin). Hormon ini dapat turun kadarnya pada fase luteal dalam siklus haid. Karenanya, pada fase luteal inilah yang menyebabkan wanita merasa kurang happy dan nyeri-nyeri, seperti nyeri haid atau sakit kepala. Karena merasa tidak happy inilah yang menyebabkan si wanita menjadi badmood, sensitif, melankolik, gampang sedih,discouraged, nelangsa,gampang marah-marah, dan ngambekan ini semua dikarenakan emosinya tidak stabil akibat tiga hormon tadi (meningkatnya progesteron, menurunnya estrogen dan endorfin)

 

Sebagian lagi, 3-8 % wanita, mungkin mengalami gangguan yang lebih berat, yang disebutpremenstrual dysphoric disorder (PMDD). PMS dan PMDD tidak sama. Wanita dengan PMDD dapat mengalami depresi sampai seminggu atau lebih sebelum mendapatkan haid, Sedangkan PMS, lebih pendek durasinya, lebih ringan, dan juga gejalanya lebih ke arah fisik. Seorang bisa mengalami PMS saja, atau PMDD, atau kedua-duanya. Serem kan…

 

Jadi, jika ada teman wanitamu yang sikapnya tiba-tiba berubah menjadi pemarah, badmood, atau depresi yang tiba-tiba, ingatlah. Bahwa yang terjadi adalah hormon yang tidak stabil di dalam dirinya karena siklus yang alamiah. yang tidak bs dihindari olehnya. Jadi jangan dimasukin ke hati kalo teman wanitamu menjadi menyebalkan saat siklus PMS ini berlangsung.

 

2. Ada Masalah

 

Yang ini bisa di alami oleh setiap wanita maupun pria. Bayangkan, jika kita ada masalah tapi di tambah dengan masalah lainnya (meskipun ringan) maka masalah ringan ini bisa aja jadi setitik api pemicu untuk meledak. Jika ada temanmu yang biasanya nyante tiba-tiba dia berubah menjadi tukang ngomel, atau mudah meledak (di luar PMS ya) mungkin bisa jadi ia sedang menghadapi suatu permasalahan yang membuatnya merasa ‘sesak’. Sehingga ketika ia menghadapi masalah lainnya maka perasaan yang ‘sesak’ tadi akan membuatnya meledak karena katup penahan emosinya sudah tidak bsia menahan beban lagi. Jika hal ini yang terjadi, temanilah dia dan dengarkanlah masalahnya. Akan tetapi jika ia tidak mau bercerita, jangan di paksakan. Biarkan ia mendingin dulu dan berilah ia ruang untuk ‘bernapas’

 

3. Emang tipe sensitif

 

Kalo yang ini, emang udah sifatnya yang sensitif. Sifat sehari-harinya yang emang sensitif apalagi kalo lagi ada masalah atau mengalami PMS ya? bisa double sensitif deh… Nah, kenapa sih sifat cewek bisa sensitif kayak gini? Karena wanita lebih banyak menggunakan perasaan dan emosinya dalam berpikir dan bertindak. Akibatnya cewek cenderung lebih sensitif soalnya semuanya pake hati… Kebalikan dari pria yang cenderung bertindak dengan rasional (tapi ada juga wanita yang cenderung rasional dan laki-laki dengan perasaan).

 

Jadi para pria jangan menggerutu dengan bilang, kenapa sih cewek harus pake hati. dikit-dikit pake hati. Jawabannya simple. Karena itulah wanita. Itu adalah sifat alami wanita yang udah ditetapkan oleh Tuhan. Jika kamu ga suka cewek yang emang pake perasaan dan emosi dalam bertindak sama aja kamu ga suka dengan keputusan Tuhan. Hal ini berlaku dengan wanita yang selalu mengeleuh kenapa sih para cowok selalu cuek dan ga sensitif? Itulah pria, yang sudah ditentukan oleh Tuhan bertindak dengan menggunakan rasionya.

 

Hal ini karena Tuhan membuat kita berbeda untuk bisa saling melengkapi satu sama lainnya. Coba bayangkan, jika wanita juga berindak dengan rasio dan terlihat cuek dengan hal yang kecil kayak pria, mungkin para pria ga akan terurus nantinya. Contoh hal kecil bagi pria tapi ga luput dari perhatian dari wanita, kerah yang kurang rapi, baju yang ga di setrika, pada pasangan yang merasa ga enak badan dll. Jika para ibu tidak bertindak dengan perasaan dan hati, mungkin anak-anaknya tidak akan terurus dengan baik. Seperti ketika anak sedikit demam atau mengalami sedikit sakit kepala, sang ayah hanya berkata. “minum obat sana.” atau bahakan ada yang berkata “udah gede manja amat sih. Psuing dikit aja dah ngeluh…”. Bandingkan dengan sikap ibu ketika anaknya sedikit demam (hanya sedikit), pasti si ibu akan tergopoh-gopoh menyediakan obat untuk anaknya, menyediakan air minum bahkan membawakan si anak makanan ke tempat tidur dan setiap saat mencheck si anak apakah udah mendingan atau belum? Tapi jangan disalahkan si ayah kalo terlihat cuek. Coba sang ayah juga sensitif kayak si ibu, tentu si anak akan merasa terganggu dan ga bisa istirahat jika kedua orangtuanya sibuk hilir mudik mencheck keadaannya.

 

Itulah gunanaya perempuan di ciptakan oleh Tuhan lebih sensitif daripada lelaki. Agar semuanya dapat berjalan seimbang. Ada

api ada air, ada gelap ada terang, ada ramai ada sunyi, ada laki-laki ada perempuan. Semua perbedaan diciptakan untuk saling melengkapi. Jika kita bisa menerima perbedaan itu maka semuanya akan menjadi lebih indah daripada kita terus-terusan mempertanyakan perbedaan itu. Kalo ga mau menerima perbedaan itu, pacaran aja ma yang sejenis hehehehehe

 

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 7 Juli 2011 in apa ya????, cewek

 

Tag: ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: